Pembenahan Pola Komunikasi pada Anak

0
36 views

Kiblatmuslimah.com – Membangun komunikasi dengan buah hati bukan sekedar bertujuan menyampaikan pesan tentang yang orang tua mau. Sangat dibutuhkan strategi agar tujuan yang diinginkan orang tua dapat tercapai dan nyaman diterima anak. Bukan hanya sebagai sebuah perintah.

Perlu adanya konsisten dan kongruen antara ucapan (verbal), ekspresi (visual), dan nada bicara (vokal). Sebuah kalimat akan sampai pada sasaran yang tepat jika diikuti ekspresi dan nada suara yang pas. Contoh saat kita mengatakan, “Adik duduk diam di sini”. Penyampaian kalimat tersebut dengan wajah tersenyum dan nada meminta, pasti akan sangat berbeda jika diutarakan dengan wajah kaku serta suara lantang yang menunjukkan perintah.

Orang tua yang cerdas, akan menggunakan pola bahasa persuasif.  Pola bahasa yang mampu memengaruhi bawah sadar anak-anak sebagai penerimanya.  Yaitu, dengan sugesti, menanamkan keyakinan, membangun kesepakatan, mengakomodir perbedaan pendapat, dan menanamkan informasi jauh ke alam bawah sadar.

Sodorkan kalimat-kalimat ajakan dengan bahasa pilihan, saat meminta anak-anak melakukan sebuah pekerjaan. Contoh, “Adik mau merapikan kamar sendiri atau dibantu Mama?” “Mama penasaran, bagaimana hasilnya jika kakak belajar lebih keras lagi untuk ujian Matematika?”

Selanjutnya bisa pula dicoba dengan menyisipkan kata “setelah” atau “sementara” saat ingin memerintahkan sesuatu pada anak. Contoh, “Setelah Adik menyelesaikan semua PR, kita boleh bermain lagi”. “Sementara Adik mengerjakan PR, Mama akan bikinkan minuman kesukaan Adik.”

Kemudian ganti kata perintah dengan pertanyaan. Untuk memerintah anak-anak gosok gigi sebelum tidur, ganti kalimatnya dengan bertanya, “Siapa yang belum gosok gigi?”

Selain itu, menggunakan kalimat-kalimat sebab akibat juga sangat bermanfaat untuk membiasakan anak-anak berpikir lebih cermat. Yaitu, dengan memberikan gambaran yang tepat. Jika kita melakukan “A” maka akan menghasilkan “B”. Contoh, “Karena Kakak rajin menghafal Al-Qur’an, maka menghafal pelajaran yang lain Insya Allah akan sangat mudah.”

Ketelitian peletakan makna pada kalimat yang akan kita sampaikan sebagai motivasi pada anak. Sangat menarik jika disajikan dalam bentuk menggiring opini mereka untuk mengatakan “Ya”. Contoh, saat kita ingin memotivasi agar anak berani mengikuti kegiatan perkemahan.

“Kakak sudah hafal beberapa surat di Al-Qur’an, kan?” (Jawabannya “ya” atau mengangguk).

“Kakak tahu kalau setan itu takut dengan bacaan Al-Qur’an?” (Jawaban “ya” yang kedua).

“Jika Kakak takut diganggu setan, berarti tinggal baca ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah kakak hafal, kan?” (Jawaban “ya” yang ketiga).

“Artinya, Kakak akan berani berkemah di sekolah. Apalagi bersama teman-teman.”

Cara ini akan lebih mudah masuk ke alam bawah sadar anak. Karena semua jawaban mengarah tanpa perlawanan logika mereka.

Sedangkan fungsi rujukan juga sangat penting bagi buah hati yang sudah mulai memiliki pola pikir kompleks. Bagi mereka yang sudah banyak membaca dan menyerap informasi dari berbagai sumber. Pola yang tepat untuk meminta mereka meyakini yang kita inginkan adalah dengan mengutarakan sumber tertentu.

Contoh, saat kita akan meminta mereka untuk mengurangi bermain game: “Menurut buku-buku sains yang Mama baca, menatap layar gadget lebih dari satu jam akan mengakibatkan radiasi dan mengganggu kesehatan mata. Kasihan mata kita jika sakit”. Anak-anak dengan sendirinya mudah merespon karena sebuah rujukan bagi mereka mengandung kebenaran.

Memperbaiki pola bahasa penyampaian sangat besar pengaruhnya kepada anak dibanding dengan sebuah perintah atau nasihat panjang lebar. Anak-anak sekarang memiliki pola pikir sesuai perkembangan zamannya. Semakin kritis terhadap hal yang didengar, dilihat, dan dirasakan. Tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk terus mengiring mereka menyerap segala informasi guna membangun akhlak karimahnya.

 

 

*Ekadeffa

 

Sumber:

Fitriani, Okina 2017. The Secret of Enlightening Parenting. Jakarta. PT Serambi Ilmu Semesta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here