Membaca dan menulislah

0
265 views

Kiblatmuslimah.com – Kabar seorang muslimah berhijab dilecehkan kehormatannya oleh seorang laki-laki asing. Kenapa? Wanita adalah jalan termudah untuk merusak dan menghancurkan generasi umat.

Seorang penjahat mulai melakukan aksinya dengan tahap yang begitu rapi. Mereka memahami situasi karena belajar dan mengkaji kisah sebelumnya. Lalu membuat strategi.

Kita sebagai kaum muslimin harusnya bisa berbuat lebih dari seorang penjahat itu. Membaca sejarah, mengambil hikmah penting di dalamnya, lalu menulisnya untuk disebarluaskan. Misi selanjutnya yaitu membumikan yang haq dan melenyapkan yang batil.

Langkah pertama agar bisa menulis adalah membaca. Maksudnya membaca dalam semua pengertian. Tidak hanya mengandalkan membaca buku saja. Membaca alam juga merupakan salah satu taktik mencari inspirasi menulis.

Membaca sejarah, kemudian melihat pada kenyataan hari ini. Untuk apa? Sifatnya sejarah akan terus berulang ketika tidak ada yang mengerti tentangnya. Seperti halnya dengan kisah bangkit dan runtuhnya negara Islam, salah satunya adalah Andalusia.

Sebagaimana kaum muslimin hari ini, ghiroh untuk membaca kisah nyata di masa lalu berkurang. Semangatnya membara ketika membaca hal yang berkaitan dengan alam, sains dan teknologi.

Pengembangan tentangnya terus dilakukan tanpa memahami sejarah kaum muslimin di masa lalu. Keingintahuannya terpupuk apik, namun sebagian besar orientasinya untuk kepentingan dunia. Hanya sebagian kecil yang memahami. Mereka yang sebagian kecil inilah yang akan memanfaatkan kemampuannya untuk berjuang di jalan Allah.

Membacalah, kemudian tuangkanlah dalam lembaran kertas yang tersedia. Goreskan penamu di atasnya meskipun harus menulis, “Aku ingin menulis, tapi bingung mulai dari mana.” Maka yakinlah, maka ia akan mengalir menjadi satu kesatuan kalimat menjadi karya.

Mengapa harus menulis?

Ketika engkau menulis sebuah tulisan, lalu ada orang yang membacanya dan mendapatkan hidayah melalui itu, maka engkau akan mendapatkan pahala.

Ketika tulisanmu menjadi pengingat baginya, dan ia berubah menjadi lebih baik, pahala mengalir untukmu. Tulisanmu adalah salah satu ladang pahala yang luar biasa, maka menulislah.

 

@daffa.an-nuur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here