Ketaatan Ummu Mutiah pada Suami, Beroleh Surga

0
94 views

Kiblatmuslimah.com – Hari itu Rasulullah berbincang dengan putri kesayangannya Fathimah Az-Zahra. Fathimah bertanya, Ayahanda, Rasulullah, beritahukanlah padaku siapakah wanita yang beruntung masuk syurga pertama kali selain ummul mukminin! Rasulullah menjawab, Ummu Mutiah.
Ummu Mutiah? Siapakah Ummu Mutiah? Amalan apa yang membuatnya masuk dalam jajaran wanita pertama yang berkenan memasuki surga? Begitu pikiran dan pertanyaan yang muncul dan bergelayut dalam pikiran Fathimah. Rasa penasaran yang begitu besar membuat putri Rasulullah ini mencari kediaman Ummu Mutiah.
Setelah menemukan kediaman Ummu Mutiah, Fathimah meminta izin kepada suaminya Ali bin Abi Thalib berkunjung ke sana keesokan harinya. Fathimah membawa Hasan turut serta bersamanya. Sesampainya di kediaman Ummu Mutiah, Fathimah mengetuk pintu dan memberi salam. Ummu Mutiah bertanya dari dalam sebelum membukakan pintu, Siapakah gerangan yang berada di luar? Fathimah menjawab, Aku adalah Fathimah, putri Rasulullah.
Ummu Mutiah terkejut sekaligus bahagia karena rumahnya dikunjungi oleh putri Rasulullah. Tetapi sebelum membuka pintu Ummu Mutiah kembali mengajukan pertanyaan, Apakah Anda bersama seseorang? Fathimah berkata, Ya, aku bersama Hasan. Maafkan aku Fathimah, aku belum meminta izin pada suamiku apabila menerima tamu laki-laki. Fathimah menekankan bahwa yang bersamanya adalah seorang anak-anak. Namun, Ummu Mutiah tetap tak bergeming dan meminta Fathimah untuk datang kembali esok hari.
Keesokan harinya Fathimah kembali ke kediaman Ummu Mutiah membawa Hasan dan Husain bersamanya. Setelah mengetuk pintu dan memberi salam, pintu dibuka. Tetapi kembali ditutupnya pintu itu sebelum Fathimah masuk. Maaf Fathimah, aku hanya meminta izin pada suamiku untuk Hasan. Kembali Fathimah dipulangkan dan disarankan agar datang kembali esok hari.
Esoknya Fathimah dan kedua putranya akhirnya bisa masuk ke dalam rumah Ummu Mutiah. Fathimah memperhatikan kondisi rumah yang bersih, rapi dan wangi. Ummu Mutiah juga telah berhias dengan cantik. Ternyata penampilan cantik Ummu Mutiah dipersiapkan untuk menyambut suaminya yang akan segera pulang. Fathimah merasa takjub, Ummu Mutiah terlihat sibuk mengurus perlengkapan mandi suaminya serta pakaian ganti telah disiapkan.
Kini Fathimah paham, alasan Rasulullah mengatakan bahwa Ummu Mutiah adalah wanita pertama yang menginjakkan kakinya di syurga. Ia mendapatkan ridha Allah melalui ridha suaminya.
Ref: Budi Utomo, dkk. 2016. Kau Penggenap Imanku. Jakarta: Qultum Media.
(Hunafa Ballagho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here