Kapal Kayu Pengangkut Puluhan Warga Rohingya Tenggelam

0
86 views

Kiblatmuslimah.com- Dhaka, Setidaknya 12 warga Muslim Rohingya tewas dan puluhan lainnya hilang di dekat pantai Bangladesh dalam sebuah kecelakaan perahu, lapor pihak berwenang Bangladesh pada Senin (09/10). Kapal kayu tersebut mengangkut puluhan warga Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.

Puluhan warga Rohingya tersebut merupakan korban kekerasan terakhir di Myanmar. Militer Myanmar masih terus menggulirkan kampanye mengusir Rohingya di tengah mulai meredupnya berita tersebut.

Pihak berwenang di Bangladesh mengatakan bahwa perahu tersebut tenggelam di dekat Shah Burir Dweib di selatan Bangladesh pada Ahad. Jumlah orang yang naik kapal tersebut masih belum diketahui, namun biasanya warga Rohingya menggunakan kapal nelayan untuk melarikan diri dari kebrutalan militer Myanmar dan ekstremis Budha.

Seorang perwira polisi di Bangladesh, Mohammad Moinuddin, mengatakan kepada Reuters bahwa pihak berwenang telah menemukan 12 mayat yang terdiri dari 10 anak, seorang pria dan seorang wanita. Sebelumnya, seorang fotografer Reuters melihat mayat empat anak, dua wanita dan seorang pria di pantai. Pihak berwenang mengatakan mereka telah menyelamatkan setidaknya delapan orang.

Sekitar 519.000 orang Rohingya telah meninggalkan Myanmar sejak 25 Agustus ketika militer Myanmar meluncurkan operasi militer menyusul serangan pejuang Rohingya. Rohingya menjadi etnis paling menderita di dunia, menurut pernyataan PBB.

Diskriminasi terhadap Rohingya sendiri berlangsung sejak wilayahnya mereka menjadi bagian negara Myanmar. Berbagai upaya pun sudah ditempuh Rohingya, melalui politik hingga mengadu internasional. Namun semuanya tak membawa hasil.

 

https://www.kiblat.net/2017/10/10/perahu-pengungsi-rohingya-tenggelam-puluhan-tenggelam/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here