Islam is me

0
287 views

Kiblatmuslimah.com – Terlahir dalam keluarga muslim harus disyukuri sebagai takdir baik yang telah Allah tetapkan atas kita. Namun menjadi keluarga muslim yang baik keislamannya, adalah bagian dari takdir yang masih harus terus kita perjuangkan. Sebagaimana generasi Salaf memperoleh kemuliaannya.

Dulu sempat mengira, bahwa kemuliaan generasi shahabat lantaran dekatnya mereka dengan sang junjungan yang menjadi panutan. Keteladanan yang dilihat langsung. Kebaikan yang dirasakan dari interaksi keseharian. Wejangan maupun teguran yang begitu akrab.  Obrolan harian dari Rasulullah menjadikan para shahabat pribadi yang mapan.

Tapi menurut Sayyid Quthub, keutamaan yang dimiliki shahabat bukan lantaran hidup semasa dengan Rasulullah. Adalah Islam, yang telah memuliakan mereka. Islam (berserah diri) kepada Allah secara utuh dan menyeluruh, membuat para shahabat (dan generasi Salaf setelahnya) menjadi sebaik-baik generasi.

Karena nyatanya, menjadi hamba yang shalih tak sesederhana menirukan yang Rasulullah kerjakan, maupun melafadzkan ulang yang Rasulullah sabdakan. Lebih rumit dan jauh lebih berat. Karena para shahabat harus menanggalkan seluruh atribut jahiliyah dan tunduk seutuhnya pada risalah yang dibawa Rasulullah. Ibarat berganti kehidupan, seperti manusia bumi yang beradaptasi dengan kondisi luar angkasa kala ia menjadi astronot.

Asing dan sulit,  berat juga lelah.  Bahkan harus merasakan sakit. Namun para Salaf memahami bahwa Islam memang menuntut mereka untuk tunduk hanya kepada Allah. Bahwa Islam bukan sekedar atribut. Bahwa Islam bukan hanya ritual. Namun Islam adalah jalan hidup. Islam adalah isme yang dijamin kelurusan dan kebaikannya di dunia hingga akhirat.

Karena itu, di tengah beragamnya isme-isme yang kita temui dewasa ini, menanamkan Islamisme pada diri anak-anak akan menjadi tugas berat dan penuh rintangan. Tak mungkin bagi kita untuk menghadirkan sosok Rasulullah di tengah-tengah kita. Namun masih mungkin bagi kita mengikuti jejak shahabat yang berjuang meninggalkan keburukan menuju kebaikan. Keinginan agar “sekeluarga sesurga” tentunya bisa menjadi motivasi besar bagi kita, para orang tua, dalam menanamkan Islamisme pada diri pribadi maupun anak-anak.

Sebagai orang tua yang menginginkan Islam mengalir di dalam darah dan urat nadi anak-anaknya, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa aspek yang harus kita lakuka untuk memulai meniupkan ruh Islamisme di aliran darah anak-anak kita.

Pertama, niat lillah haruslah menjadi landasan di setiap langkah. Agar visi menjadi shalih sekeluarga tak lantas berubah arah. Misi yang ditetapkan pun bisa dikerjakan meski seringkali berubah.

Kedua, senantiasa belajar dan mengambil ilmu dari orang-orang yang jujur kepada Allah. Dengannya diharapkan, setiap amal yang kita kerjakan dan diteladani oleh anak-anak adalah bernilai ibadah serta menambah berat timbangan kebaikan di sisi Allah. Semoga Allah memudahkan jalan kita dalam menuntut ilmu.

Ketiga, mengerjakan amal shalih secara berkesinambungan meski sedikit kuantitasnya. Menghafal satu ayat sehari bersama anak tentunya terasa lebih ringan dan menyenangkan bukan? Daripada harus memaksa sehari satu halaman tapi berhenti selama seminggu.

Keempat, berusaha selalu memupuk syukur dan sabar. Menerima nilai-nilai Islam dalam keseharian adalah perkara yang memerlukan perjuangan. Karena itu, setiap kebaikan kecil yang bisa kita lakukan, hendaklah kita syukuri. Dan setiap kesulitan maupun rasa berat beramal shalih semoga dapat menempa kita untuk bersabar.

Kelima, yang terakhir yakni berusaha agar jangan sekalipun meninggalkan doa kepada Allah. Karena Dialah yang menggenggam hati kita. Arah hati kita menghadap, Allah-lah penentunya. Semoga Allah senantiasa memalingkan hati kita dan anak-anak, hanya kepada-Nya. Agar hanya Islam, satu-satunya yang kita tunaikan. Agar anak-anak kita merasa cukup dengan Islam is me. Pengaruh miring ideologi lain, isme-isme lain, otomatis akan mereka tolak. Karena paham-paham di luar Islam semuanya itu is not me.

 

[Mu-Ha]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here