Gudikan, Infeksi Tungau Skabies

0
204 views

Kiblatmuslimah.com – Pernah mengalami gudikan? Gatal-gatal, kulit tampak ruam kemerahan dan muncul bintik berisi cairan. Jika digaruk akan menyebar ke area kulit yang lain. Jika pernah, bisa jadi itu gudikan.

Gudikan atau dalam istilah medis disebut skabies adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh kutu tungau bernama Sacoptes scabei.

Kutu ini sangat kecil dan tidak kasat mata. Kutu betina masuk ke dalam kulit manusia dengan menggali terowongan, lalu bertelur dan menetas dalam waktu 3-4 hari.

Tungau skabies bisa bertahan selama 30 hari, dalam satu hari seekor tungau bertelur sebanyak 2-3 butir. Setelah menetas, ia akan menjadi dewasa dalam waktu 14-17 hari. Maka bisa kita bayangkan penularan dan penyebarannya yang sangat cepat.

Skabies menginfeksi manusia dari berbagai usia dan kalangan. Ia bisa menginfeksi bagian kulit manapun. Seringkali terjadi di sela jari tangan dan kaki, pergelangan tangan, lipat lutut dan siku, ketiak serta pusar. Dapat pula menginfeksi puting payudara.

Skabies sangat menular. Umumnya, diderita oleh orang yang tinggal berkelompok, seperti di pesantren, kos, tinggal dalam satu kamar. Penularan bisa melalui kontak langsung dengan kulit penderita. Bisa juga melalui media lain seperti handuk, sprei, tempat tidur dan sofa yang berbahan kain.

Untuk memastikan gatal yang kita diderita adalah infeksi skabies, perlu periksa ke dokter. Sehingga kita mendapat obat yang tepat dan perawatan lebih lanjut.

Jika sudah periksa dan berobat, berikut langkah pendukung pengobatan yang bisa dilakukan selama proses penyembuhan:

  1. Cuci semua sprei, handuk, pakaian dengan air panas. Setelah kering lalu disetrika agar kutu dan kuman lain mati.
  2. Bersihkan sofa, tempat tidur, kasur, karpet, keset dan furnitur lain yang mungkin ditinggali kutu tungau.
  3. Minum obat teratur sesuai dosis yang telah dokter resepkan.

 

Sumber: http://www.perdoski.org/news/220-saat-mengalami-gatal-gatal-perhatikan-gejalanya-ini-yang-terjadi-pada-penyakit-skabies

[Fadhilah]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here