Bila Pernikahan Tak Seindah Impian

0
178 views

Kiblatmuslimah.com – Muslimah Education Center (MEC) Surakarta menyelenggarakan kajian tematik di Masjid Ibadurrahman Assalam Hypermart pada  Sabtu (24/02).

Kajian dengan  tema “Bila Pernikahan Tak Seindah Impian” ini, menghadirkan konsultan nasional keluarga sakinah, Ustadz Tri Asmoro Kurniawan.

Sekitar 400 orang peserta hadir memenuhi lantai 1 dan 2 masjid. Mereka antusias menyimak dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber.

Bersama putra sulungnya yang bertindak sebagai MC, Yunalul Murrod Robbi Ridwan, Ustadz Tri memaparkan bahwa setiap pasangan mempunyai impian dalam pernikahannya, yakni keberkahan. Sebagaimana yang tersurat  dalam doa untuk pengantin.

Apa-apa yang kita dapatkan sekarang adalah buah dari perbuatan masa lalu. Jadi hendaklah senantiasa intropeksi diri. Bisa jadi apa yang terjadi saat ini merupakan hal terbaik menurut Allah untuk kita.

Ada hikmah yang menarik untuk direnungkan, sebuah musibah yang membuat kita mengenal Allah lebih  baik daripada  kenikmatan yang melalaikan.

Dalam rumah tangga ada beberapa hal yang  perlu diperhatikan, diantaranya adalah sejarah keluarga. Karakter seseorang terkadang merupakan refleksi dari karakter orang tuanya. Jika orang tua baik, maka anaknya juga akan menjadi baik. Begitu pula sebaliknya.

Kemudian pertimbangkan resiko ketika memutuskan untuk bercerai. Antara mempertahankan pernikahan dan resiko menjadi janda,  tentunya harus mandiri secara finansial, juga rentan mendapat gangguan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dampaknya, terutama dampak kepada anak. Dan harus siap menanggung resiko dari pilihannya. Serta melakukan perubahan.

Kemungkinan yang bisa diubah dari pasangan adalah,

Jika karena kurang ilmu tentang hak dan kewajiban suami istri maka solusi mungkin bisa diubah. Jika karena gaya hidup yang salah maka harus belajar tentang manajemen dan fiqih prioritas dengan memotivasi untuk thalabul ilmi. Jika karena akhlak yang buruk, maka ini agak sulit untuk diubah

Komunikasi dengan pasangan

Pihak ketiga

Istiharah /musyawarah

Mengambil tindakan dan ridha dengan keputusan yang diambil

 

Wallahu alam.

 

Reporter: Pipin

Editor: Irmalinda

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here