Aku dan Kamu Serupa

0
65 views

Kiblatmuslimah.com – Sahabat pasti pernah dengar kisah Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan Al-Qurasyiyyah radhiallahu ’anha. Putri Abu Sufyan, seorang pembesar Quraisy yang memilih agama Allah Subhanahu wa Ta’ala dan meninggalkan segala kemegahan hidupnya. Ketika kebenaran telah tampak di hadapan matanya dan hidayah Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menerangi relung hatinya, berbagai ujian harus beliau lewati demi mempertahankan imannya. Bahkan harus menelan pil pahit karena sang suami yang selama ini berjuang bersama memilih murtad dari agama Allah. Akibat tidak tahan dengan berbagai kesulitan yang mereka hadapi.

Untuk kesekian kalinya keteguhan dalam memegang keislaman dan keimanan harus kembali teruji. Ummu Habibah radhiallahu ’anha bertekad untuk tetap tinggal di Habasyah menjalani hidup dalam keterasingan demi mempertahankan agamanya. Senantiasa berharap suatu saat nanti Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan pertolongan dan mendatangkan kelapangan dari sisi-Nya. Akhirnya Allah subhanahu wa Ta’ala menjawab doa-doa beliau. Dengan mengaruniakan jodoh seorang pria terbaik seluruh dunia untuk beliau, yaitu baginda Rasulullah Shalallahu a’laihi wa sallam.

Pasangan hidup, kerap diibaratkan bagai cermin dari seseorang tersebut. Bahkan Allah telah memfirmankan dalam QS. An-Nur, bahwa perempuan baik akan mendapatkan pria baik, begitupun sebaliknya. Dan perempuan buruk peringainya akan pula mendapatkan pasangan dari pria serupa. Menginginkan pasangan yang dapat bersama-sama meraih samara dunia akhirat, pasti memerlukan komitmen diri agar kita berperilaku serupa itu terlebih dulu. Seberapa besar pengorbanan kita mewujudkan keluarga samara tanpa syarat terhadap pasangan, tentu akan berbalas hal serupa.

Aku dan kamu serupa. Jika aku baik, pasti kamu baik. Atau malah sebaliknya. Jika aku menjadikan rumah kita bagai surga, kamu pun pasti akan melakukan yang sama. Bersama-sama menuju sakinah mawaddah wa rahmah dunia akhirat. (def)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here